Arab Saudi telah menghentikan ekspor minyak ke Mesir selama 2 bulan terakhir

1979

Perusahaan minyak Saudi Aramco telah menghentikan pengiriman minyak ke Mesir selama dua bulan berturut-turut, Hamdi Abdul-Aziz, juru bicara resmi dari kementerian minyak Mesir, mengatakan kemarin.

Menurut AlKhaleejOnline, koran Al-Watan Mesir melaporkan Abdul-Aziz mengatakan: “Untuk bulan kedua, perusahaan Saudi tidak menginformasikan kepada Mesir tentang penangguhan pengiriman,” mencatat bahwa sebelumnya pengiriman selalu tepat waktu.

Juga dilaporkan oleh surat kabar Al-Masry Al-Youm bahwa Abdul-Aziz mengatakan: “. Sampai saat ini, belum ada konfirmasi atau bantahan dari Aramco mengenai dimulainya kembali pengiriman ke Mesir”

Menurut laporan media Mesir, Aramco telah secara teratur menginformasikan kepada Mesir tanggal pengiriman paing lambat pada minggu pertama setiap bulan; tetapi tidak melakukannya pada bulan Oktober dan November.

Raksasa minyak Saudi Amarco tidak mengomentari laporan tersebut.

Bulan lalu, Mesir terpaksa mencari sumber alternatif untuk minyak. Mencapai kesepakatan dengan Irak untuk mengimpor minyak dari Basra. Laporan lain mengatakan bahwa Mesir juga telah menghubungi Iran untuk tujuan yang sama.

Abdel Aziz menambahkan bahwa kementerian telah membuat undangan mendesak untuk tender penyediaan 700.000 ton bensin, solar dan minyak bakar sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan warga akibat berhentinya pengiriman minyak dari Saudi.

Juru bicara Kementerian menambahkan bahwa kontrak yang ditandatangani antara otoritas minyak bumi Mesir dan Saudi Aramco belum dibatalkan.

Riyadh telah mendukung Kairo dan memberikan miliaran bantuan untuk ekonomi Mesir yang kekurangan dana sejak menteri pertahanan Abdel Fattah Al-Sisi mengkudeta presiden Muhamad Mursi, yang berasal dari Ikhwanul Muslimin.

Tapi hubungan Mesir-Saudi akhir-akhir ini semakin tegang setelah Mesir bersuara mendukung rancangan resolusi Rusia tentang Suriah di Dewan Keamanan PBB.

Middle East Monitor

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY