Arab Saudi menangkap warga Suriah yang mengunggah foto untuk mendukung Assad di Facebook

1007

Pemerintah Saudi menangkap seorang warga Suriah di Riyadh setelah ia memposting foto dirinya merayakan direbutnya Aleppo Timur oleh milisi Assad.

Seorang pria Suriah ditangkap polisi Saudi di Riyadh pada hari Jumat setelah ia menerbitkan foto dirinya di Facebook memuji pasukan rezim Suriah yang telah mengambil alih kota asalnya Aleppo dari oposisi, menurut laporan di surat kabar al-Riyadh, Jumat.

Sebuah foto yang diterbitkan dengan laporan menunjukkan seorang pria dengan tangan terangkat dan jari-jarinya menunjuk tanda kemenangan. Fitur wajah nya buram untuk menyembunyikan identitasnya, Reuters melaporkan.

Surat kabar itu mengatakan pria yang diidentifikasi berusia 40 tahun, dituduh mempublikasikan pernyataan terkait dengan perang di Suriah.

Arab Saudi adalah pendukung utama kelompok oposisi yang berjuang untuk menggulingkan rezim Bashar al-Assad.

Kelompok oposisi menderita kerugian serius pekan ini, ketika pasukan rezim Suriah – yang didukung oleh Iran, Rusia dan milisi Syiah – menyerang kota kedua terbesar di Suriah, Aleppo, dan mematahkan perlawanan pejuang oposisi. Kelompok oposisi telah menguasai bagian timur Aleppo sejak 2012.

Rezim Assad mengatakan evakuasi Aleppo telah ditangguhkan pada hari Jumat karena “gangguan”, setelah laporan serangan pada konvoi yang meninggalkan daerah yang dikuasai oposisi di Aleppo Timur.

Pada hari Kamis, negara-negara Teluk Arab mengutuk rezim Assad atas pelanggaran gencatan senjata dan menyerukan perlindungan warga sipil yang berusaha dievakuasi.

Ekspresi publik atas perbedaan pendapat di media sosial dianggap tindak pidana di kerajaan Saudi, yang akan menahan pihak baik untuk protes fisik dan untuk pernyataan online.

Middle East Eye

Berikan Tanggapan Anda...

comments

LEAVE A REPLY